Logo
images

Poster Presentation (Photo by: Medium; https://medium.com/)

Presentasi Menggunakan Akademik Poster

Penggunaan Poster berukuran besar dalam bidang Manajemen Proyek seringkali dilakukan, terutama dalam hal mem-visualisasikan gambar kerja, desain dan rancang bangun. Bayangkan, apabila kita harus membaca jurnal (apalagi dalam bahasa asing) berlembar-lembar. Tidak semua orang akan dengan mudah mampu menguasai atau menerima pesan akademis apa yang terdapat dalam jurnal atau manuskrip tadi. Periset atau mahasiswa yang memiliki kemampuan bagus dalam hal karya tulis akademis, dilain sisi banyak ditemukan kegamangan manakala harus mempresentasikan hasil riset atau penelitian mereka. Untuk itulah solusi Presentasi Menggunakan Akedemik Poster dengan ukuran kertas A0 mulai diadopsi oleh dunia akademis.

 

Dalam dunia akademis, terutama di Indonesia metode presentasi dengan format seperti ini masih belum banyak dikenal dan diterapkan. Meskipun dalam PIMNAS, PKPM DIKTI metode ini sudah digunakan, tetapi berapa banyak mahasiswa yang mampu menembus seleksi ketat penjaringan proposal sampai dengan tahap presentasi?

 

Sebagaimana dikutip dari artikel Medium "Presentasi poster adalah cara yang sangat baik bagi para peneliti untuk berbagi temuan ilmiah mereka dan menampilkan karya mereka dalam waktu singkat, sambil menghemat waktu tetapi memperkaya program acara. Banyak peneliti mengandalkan presentasi poster untuk berbagi wawasan mereka dengan audiens. Karena itu, poster telah menjadi pemandangan umum di konferensi ilmiah selama bertahun-tahun - terlepas dari keterbatasan media kertas.

Poster dianalogikan sebagai rangkuman dari karya Anda yang dimaksudkan untuk melibatkan kolega dalam dialog tentang karya tersebut, atau jika Anda tidak hadir, poster dapat menjadi ringkasan yang akan mendorong pembaca untuk ingin belajar lebih banyak.
Peneliti biasanya tersedia untuk memberikan presentasi singkat dan menjawab pertanyaan apa pun, sedangkan poster berfungsi sebagai alat bantu visual dan alat komunikasi."

 

"Persiapan poster yang efektif sangat penting untuk keberhasilan presentasi poster. Tujuan poster adalah berfungsi sebagai ringkasan dan iklan karya ilmiah yang melengkapi presentasi peneliti."

 

Dengan menggunakan visualisasi gambar menarik, pemilihan kata yang ringkas maka adan dapat dengan mudah bagi periset untuk menyampaikan ide atau hasil penelitian mereka kepada publik. Audien-pun dengan mudah memahami makna dan pesan akademis yang tertuang dalam media poster.

 

Berikut ini adalah beberapa tip dan trik Bagaimana Cara Mempersiapkan Poster Presentasi yang Baik untuk Acara Akademik?

 

Poster  dianggap sebagai versi abstrak yang diilustrasikan dengan tampilan visual data dan blok teks , kecil yang menjelaskan proyek dan mendukung data penelitian.

Poster yang efektif dapat menarik perhatian peserta pameran, memulai percakapan, membantu memupuk kolaborasi dan jaringan peneliti. Selama sesi presentasi poster, audiens akan mencari snapshot/ rangkuman yang jelas dari proyek, sehingga poster yang baik difokuskan pada satu pesan, menggunakan grafik dan gambar untuk menceritakan alur penelitian yang terorganisir dengan baik dan runut.

Poster yang tidak efektif seringkali memiliki poin utama yang sulit ditemukan, teks yang terlalu kecil, grafik yang buruk, organisasi alur yang buruk, dan masalah lainnya.  Karena itu, meskipun poster dapat menjadi cara penting untuk menyebarluaskan temuan penelitian, tetapi poster harus disiapkan dengan benar dan kemudian disajikan dengan tepat.

 

Jika Anda lebih suka menggunakan Microsoft PowerPoint untuk mendesain poster Anda, pastikan untuk mulai dengan mengatur ukuran halaman ke ukuran poster akhir Anda.  Adobe In Design, Illustrator, atau Photoshop adalah opsi desain lain yang agak canggih dari PowerPoint. Akan tetapi memerlukan waktu dan kemapuan teknis yang lebih.

 

Berikut ini adalah beberapa tip dalam mendesain Akademik Poster yang baik:

 

  1. Gunakan teks besar (Misalnya; teks Anda harus setidaknya 18-24 pt; judul 30–60 pt; judul lebih besar dari 72pt.)
  2. Jangan gunakan lebih dari 2–3 total gaya font
  3. Gunakan font yang mudah dibaca
  4. Hindari pemilihan font atau tata letak dengan ujung-ujung yang bergerigi: teks rata kiri di dalam kotak, teks atau blok teks sepenuhnya dibenarkan
  5. Hindari terlalu banyak teks (maks. Tidak lebih dari 800 kata) 
  6. Pilih warna dengan cermat dan perhatikan kontrasnya. Jika ragu, cetak gelap pada latar belakang terang adalah yang terbaik. Ingat,  beberapa orang buta warna tidak dapat membedakan antara merah dan hijau.
  7. Atur dan sejajarkan konten Anda dengan kolom, bagian, judul, dan blok teks
  8. Ruang putih penting untuk meningkatkan daya tarik visual dan keterbacaan (ini adalah ruang "kosong" antara bagian, kolom, judul, blok teks, dan grafik).
  9. Selektif dalam menggabungkan grafik: grafik, foto, kutipan kunci dari sumber utama, peta, dan grafik lain yang mendukung tema poster Anda. Yang terbaik adalah menghindari menggunakan tabel data.
  10. Hindari gambar yang kabur; pastikan semua gambar beresolusi tinggi (minimal 300ppi) dan mudah terlihat
  11. Edit poster Anda dengan seksama untuk kesalahan tipografis atau tata bahasa dan kualitas gambar sebelum hasil cetak akhir

 

Dalam membuat sistematika atau alur penulisan poster, sebaiknya merujuk pada template penulisan Jurnal. Salah satu contoh adalah:  sistematika Jurnal Ventura yang dapa diakses di sini.

 

Tips diatas adalah bagaiman sebaiknya sebuah poster akademis dibuat, secara lebih detail berikut ini adalah dua resources berisi panduan langkah teknis bagaimana membuat poster menggunakan Ms Powerpoint:

 

Poster presentation - Leicester University

Lima Menit Membuat Scientific Poster

 

Dalam sebuah konferensi, seminar atau perhelatan profesional dan akademis, deretan akademic/ profesional poster biasanya terletak atau ditata sedemikian rupa sesudah pintu masuk utama dan atau sebelum pintu keluar. Dengan harapan setelah peserta melakukan registrasi, peserta akan disambut dengan deretan nuansa akademis. Hal ini juga membuka peluang yang besar, dimana periset dapat bertemu langsung dengan audiens.

Deretan akademik poster sebaiknya dipisahkan dengan lokasi coffe break, booth sponsor. Bisa juga diletakkan berdampingan (tidak dicampur), agar supaya esensi dan nuansa yang terjadi dalam sebuah acara seminar atau konferensi tidak bercampur antara tujuan dan fungsi yang diharapkan. 

 

Dalam Konferensi Internasional ICOBBI 2019 yang akan dilaksanakan pada tanggal 24 Agustus 2019 di Ballroom Novotel Samator East Hotel, deretan Akademik Poster juga akan ditampilkan.  Syaratnya cukup mudah:

 

1. Registrasi melalui link https://bit.ly/ICOBBI2019 (sistem secara otomatis akan mengirimkan email balasan dan instruksi penyelesaian registrasi, apabila memerlukan dukungan atau memiliki pertanyaan, kontak Conference Agent juga tersedia dalam surat elektronik).

2. Konfirmasi pembayaran.

3. Mengirimkan abstraksi dan full paper (khusus untuk pemakalah). Sedangkan peserta konferensi tidak diperlukan  mengirim abstraksi dan penelitian (STOP pada tahap No.2).

 

 

Happy writing, and lets make one step ahead!

 

 

Referensi:

https://medium.com/@meetinghand/how-to-prepare-a-good-poster-presentation-for-an-academic-event-f86aa8dc086a

https://www2.le.ac.uk/offices/ld/resources/presentations/designing-poster/poster

https://www.researchgate.net/publication/321050484_5_Menit_Membuat_Scientific_Poster



Dipost Oleh Super Administrator

Super Administrator Himapas