Logo
images

IAPM Copyright https://iapm.net

Metodologi IAPM Dalam Perpektif Manajemen Proyek: Sektor Bisnis dan Perbankan

 Dislocations in labour market, with old industries and job disappearing.

In the fact we are entering a new economy is of little consolation to that displace worker and his or her family. How will we manage the transition to the new types of work and new knowledge base for the economy?

Today for the first time in history, economic growth is not generating a meaningful number of new jobs. Young worker are taking the biggest hit. The Google's Executive Chairman Eric Schmidt says that job scarcity will be the biggest pubic issue for the next two or three decade.  - The Digital Economy, the 20th Anniversary Edition, McGraw Hill, 2015.

 

Dalam kehidupan professional kita sering mendengar proyek, manajer proyek. Akan tetapi apakah yang dimaksud? Bukankah itu hanya pekerjaan orang-orang Teknik saja yang berhubungan dengan infrastruktur? Untuk apa saya mengetahui serta apa manfaatnya untuk dunia bisnis dan perbankan?

Sebuah proyek adalah usaha semetara yang dilakukan untuk membuat suatu produk, jasa, atau hasil yang unix. Proses ini memiliki sifat:

  1. Sementara
  2. Mampu mendorong perubahan
  3. Menghasulkan produk, jasa, atau hasil yang unix
  4. Menciptakan nilai bisnis

Nilai bisnis dalam proyek mengacu pada manfaat hasil proyek, manfaat bisa berwujud seperti asset moneter, pemegang saham ekuitas, utilitas perlengkapan dan alat, saham. Bisa juga manfaat tidak berwujud: reputasi dan nama baik organisasi, pengakuan merek, kepentingan konsumen, merek dagang.  

Mengutip artikel forbes dalam 4 Tren Manajemen Proyek Di Cakrawala… Apakah Anda Siap? “Realitas profesional baru menuntut kombinasi keterampilan teknis dan manajemen proyek, keterampilan kepemimpinan dan keterampilan manajemen strategis dan bisnis - bersama dengan kemampuan untuk belajar dan mengikuti perkembangan teknologi,” kata DePrisco.

 

 

 Gambar 1: Project MAP IAPM Standard (IAPM Guide 2.0, pp. 9).

 

Sesuai kutipan diatas, jelas sekali manajemen proyek sangat bermanfaat untuk dunia bisnis, terutama pada sector perbankan. Penciptaan sebuah produk bank seperti SMS Banking, Internet Banking dan beberapa add value service lainya diciptakan melalui sebuah proses Agile Project Management. Sebuah proyek yang sukses terdiri atas internal stakeholder, project team, dan external stakeholder (melibatkan persepsi dan kebutuhan konsumen). Semua entitas di-manage secara professional oleh seorang Project Manager.

International Association of Project Managers dalam rilis panduan IAPM Guide 2.0, mendefinisikan dengan jelas proses sebuah proyek dijalankan dan bagiamana seorang Manajer Proyek mangaturnya secara proporsional. Tugas dan tanggung jawab seorang Manajer Proyek didefinisikan secara utuh dan komprehensif berpegang pada faktor kesuksesan sebuah proyek.

Dengan standar manajemen yang diakui oleh United Nation, Federal Ministry of the Interior Jerman akan sangat membantu paraktisi dan professional business dan perbankan untuk mengikuti standar manajemen dalam upaya kesuskesan organisasi. Selain untuk professional, IAPM  memiliki University Network dengan tujuan untuk menjaring siswa dari semua disiplin ilmu yang tertarik dengan manajemen proyek sehingga mereka dapat berbagi pengalaman. Memiliki jaringan virtual di Facebook di mana siswa dapat berhubungan dengan siswa lain, berbagi informasi tentang disertasi, tesis master atau doktoral, mendiskusikan masalah yang relevan dan manajemen proyek secara umum. IAPM menghubungkan siswa dengan manajer proyek berpengalaman dan membantu mereka mencari penempatan pengalaman kerja.

 

Gambar 2: Project Manager Map IAPM Standard (IAPM Guide 2.0, pp. 37).

 

Keterkaitan dengan Digital Economy, menciptakan sebuah produk atau jasa yang bersifat unix,  dengan pendekatan terstandar melalui Agile Project Management adalah sebuah keharusan untuk para praktisi dunia bisnis. Demikian juga dengan mahasiswa sangat penting untuk memiliki standar pengetahuan global terstandarisasi internasional. Dunia bisnis dan perbankan bersifat dinamis mengikuti perkembangan Teknologi dan Kebutuhan Konsumen,  sehingga  pertumbuhan ekonomi dunia (sebelum resesi Covid-19) cukup tinggi akan tetapi tidak menampakkan jumlah lapangan pekerjaan yang signifikan.

  

Berikut ini adalah beberapa informasi perihal IAPM International Association of Project Managers:

- IAPM Project Managemen Standard dan Kompetensi Global:  https://www.iapm.net/en/certification/certification-bases/overview/

- Sertifikasi Global IAPM:  https://www.iapm.net/en/service/printed-documents/

 

Catatan:

IAPM adalah organisasi nirlaba dengan asosiasi para Project Manager Certified diseluruh dunia untuk mempromosikan kompetensi manajemen proyek, mempromosikan penelitian manajemen proyek, pengembangan dan aplikasi praktis. Memproses dan mengkomunikasikan pengalaman proyek, pengetahuan dan pengajaran penelitian, untuk meningkatkan kualitas di bidang manajemen proyek.

Membina kerjasama internasional mengembangkan dan menguraikan standar manajemen proyek dan praktik terbaik manajer proyek, menentukan pedoman untuk pelatihan manajer proyek dasar dan lanjutan, meninjau dan meningkatkan kompetensi manajemen proyek melalui penilaian pengetahuan dan kompetensi untuk melaksanakan ujian dan sertifikasi manajer proyek.

Semua dokumen standarisasi IAPM adalah  hak cipta IAPM International Association of Project Managers.  Bersifat tebuka dan dapat diakses untuk proses pembelajaran dengan pembatasan hak sesuai dengan ketentuan yang berlaku. 

 

Penulis: Idha Sudianto

IAPM Official for the Network University, he is co-responsible for developing the IAPM student network and the person to contact on organisational issues.

IAPM Senior Official for the Metropolitan Area of Surabaya / East Java, he is responsible for events in the region and the person to contact on organizational issues in Indonesia.

Untuk diskusi dan pertanyaan: [email protected] 

 

 

Referensi:

  1. https://www.iapm.net/en/the-iapm/facts-and-figures/
  2. https://www.pmi.org/
  3. https://www.forbes.com/sites/danabrownlee/2019/07/21/4-project-management-trends-on-the-horizonare-you-ready/#5e43bb5d6769

TAG

Dipost Oleh IAPM Indonesia

The International Association of Project Managers (IAPM) is a globe-spanning association and certification body for project managers. The organisation is headquartered in Liechtenstein. Idha Sudianto: As IAPM Official for the Network University, he is co-responsible for developing the IAPM student network and the person to contact on organisational issues. As IAPM Senior Official for the Metropolitan Area of Surabaya / East Java, he is responsible for events in the region and the person to contact on organizational issues in Indonesia.